Tawa Adalah Obat Yang Mujarab
Sumber: Google

Psikologi / 20 December 2009

Kalangan Sendiri

Tawa Adalah Obat Yang Mujarab

Lestari99 Official Writer
4373

Jika Anda ingin mengubah kehidupan dan berhasil dalam bisnis, Anda harus memahami bahwa kesedihan, kecemasan dan ketakutan adalah musuh terbesar dari hidup manusia. Anda harus berjuang melawan setiap pengaruh yang cenderung menekan pikiran sebagaimana kita melawan godaan untuk berbuat jahat. Hal ini tidak dapat diragukan kebenarannya, karena pikiran memiliki kekuatan untuk memperpanjang masa muda dan keindahan serta menjadi kekuatan dalam kedewasaan, memelihara dan memperbaharui kehidupan fisik sebagai pendukung dari kesehatan mental.

Seorang pria di sebuah kota diberitahu bahwa ia akan mati, maka ia pun memberitahukan kabar tersebut kepada semua teman dan kerabatnya. Sebagian besar dari mereka duduk di samping tempat tidurnya dan menunggu dirinya untuk mati. Mereka percaya bahwa kematian itu tak akan terelakkan dari hidupnya. Namun, seorang rekannya menolak untuk percaya bahwa ia akan kehilangan teman lamanya dan ia meyakinkan si sakit berulang-ulang bahwa dia baik-baik saja dan akan segera membaik. Mereka mulai mempercakapkan kesenangan yang pernah mereka bagi bersama dan sang teman ini membumbui cetiap ceritanya sedemikian rupa sehingga membuat temannya yang sakit tertawa terbahak-bahak. Anda tahu, orang-orang telah berkumpul, tapi si sakit kembali membaik.

Jadi secara harfiah benarlah pepatah Ibrani yang mengatakan, "Hati yang gembira adalah obat yang baik" dan "Tawa adalah obat Tuhan". Semua orang harus tenggelam di dalamnya. Ketakutan, kebencian, kegelisahan, semua karat kehidupan seharusnya musnah oleh minyak kegembiraan. Jika Anda hendak mengunjungi dokter, pilihlah dokter yang memiliki wajah ceria dan tenang. Bukankah dokter yang melayani dengan riang lebih bermanfaat dari sekedar obat? Di kota New York bagian barat, Dr. Burdick dikenal sebagai ‘Dokter Tertawa'. Dia selalu memperlihatkan wajah yang bahagia, dan humor yang dilontarkannya seringkali menular pada pasiennya. Dokter ini terkenal hemat dalam penggunaan obat, tapi metode pengobatan yang dijalankannya berhasil dengan sukses.

Kekuatan dari kebahagiaan dan tertawa bagi mereka yang sakit dan lemah begitu luar biasa. Kebahagiaan dan tawa mungkin saja menawarkan sarana dan kemampuan untuk mempertahankan kemungkinan hidup lebih lama, atau tetap bertahan hidup meskipun memilki penyakit. Energi yang terbentuk dari aktivitas mental seseorang berpengaruh sangat penting bagi sistem kerja tubuh manusia. Sikap mental akan mempengaruhi sistem tubuh, dan semangat yang menggembirakan tidak hanya mengurangi rasa sakit, tapi juga meningkatkan momentum kehidupan dari tubuh.

Kalau bukan karena tertawa, kita dapat terjebak dalam ‘pikiran yang rusak' dan menjadi musuh terburuk bagi diri kita sendiri. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kita secara fisik dan mental. Bagaimana mungkin kita dapat berharap menggapai keberhasilan dalam mengubah kehidupan di sekita kita tanpa mengucap syukur dan kebahagiaan yang sebenarnya dapat kita peroleh dengan menciptakannya?

Untuk mencegah kita jatuh dalam ‘pikiran yang rusak', setiap kita harus menjaga sikap positif, khususnya dalam area pekerjaan yang sedang kita jalani.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami